kuliah komputer | kuliah komputer di depok
kuliah komputer di depok-Secara umum, definisi manajemen merupakansuatu seni dalam ilmu dn pengorganisasian seperti merangkai perencanaan, membina organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Bisa juga ditafsirkan bahwa manajemen merupakansuatu ilmu pengetahuan yang sistematis supaya dapat mengetahui mengapa dan bagaimana insan saling bekerja sama supaya dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk orang beda maupun kelompok tertentu dan masyarakat luas.
Secara etimologis, definisi manajemen merupakanseni untuk mengemban dan mengatur. Manajemen ini juga disaksikan sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan destinasi dalam organisasi, sebagai usaha bareng dengan sejumlah orang dalam organisasi tersebut. Sehingga, terdapat orang yang merumuskan dan mengemban tindakan manajemen yang dinamakan dengan manajer.
Fungsi Manajemen
Pada dasarnya, faedah manajemen dipecah menjadi tiga, yaitu:
1. Perencanaan (planning)
Pernecanaan adalahmemikirkan apa yang akan digarap dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilaksanakan untuk menilai destinasi perusahaan secara borongan dan teknik terbaik untuk mengisi tujuan itu. Manajer mengevaluasi sekian tidak tidak banyak rencana pilihan sebelum memungut tindakan dan lantas melihat apakah rencana yang dipilih sesuai dan dapat dipakai untuk mengisi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakanproses terpenting dari semua faedah manajemen sebab tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya mustahil berjalan.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian dilaksanakan dengan destinasi membagi suatu pekerjaan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian memudahkan manajer dalam mengerjakan pengawasan dan menilai orang yang diperlukan untuk mengemban tugas-tugas yang sudah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilaksanakan dengan teknik menilai tugas apa yang mesti dikerjakan, siapa yang mesti mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan mesti diambil.
3. Pengarahan (directing)
Pengarahan adalahsuatu perbuatan untuk mengusahakan supaya semua anggota kumpulan berusaha supaya dapat menjangkau sasaran cocok dengan perencanaan manajerial dan usaha.
Unsur-Unsur Manajemen
Setiap perusahaan mempunyai unsur-unsur untuk menyusun sistem manajerial yang baik. Unsur-unsur berikut yang disebut bagian manajemen. Jika di antara diantaranya tidak sempurna atau tidak ada, maka bakal berimbas dengan berkurangnya upaya untuk menjangkau tujuan organisasi atau perusahaan. Unsur-unsur itu diantaranya sebagai berikut.
a. Human (Manusia)
Dalam manajemen, urusan insan adalahyang sangat menilai. Manusia yang menciptakan tujuan dan insan pula yang mengerjakan proses untuk menjangkau tujuan. Tanpa adanya insan maka tidak terdapat proses kerja, karena pada dasarnya insan adalahmakhluk kerja.
b. Money (Uang)
Uang merupakansalah satu bagian yang tidak bisa diabaikan. Uang merupakanalat tukar dan perangkat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil pekerjaan dapat diukur dari jumlah fulus yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena tersebut fulus adalahalat (tools) yang urgen untuk menjangkau tujuan sebab segala sesuatu mesti dianggarkan secara rasional. Hal ini akan bersangkutandengan berapa fulus yang mesti disediakan untuk mengongkosi gaji tenaga kerja, alat-alat yang diperlukan dan mesti dibeli serta berapa hasil yang akan dijangkau dari sebuah organisasi.
c. Materials (Bahan)
Material terdiri dari bahan separuh jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk menjangkau hasil yang lebih baik, selain insan yang berpengalaman dalam bidangnya pun harus dapat memakai bahan/materi-materi sebagai di antara sarana. Sebab pelajaran dan insan tidak bisa dipisahkan, tanpa pelajaran tidak akan terjangkau hasil yang dikehendaki.
d. Machines (Mesin)
Dalam pekerjaan perusahaan, mesin paling diperlukan. Penggunaan mesin bakal membawa fasilitas atau menghasilkan deviden | laba | laba yang lebih tidak tidak banyak serta membuat efisiensi kerja.
e. Methods (Metode)
Dalam pengamalan kerja dibutuhkan metode-metode kerja. Suatu tata teknik kerja yang baik bakal memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah kiat dapat ditetapkan sebagai penetapan teknik pelaksanaan kerja dengan memberikan sekian tidak tidak banyak pertimbangan-pertimbangan dari sasaran, fasilitas-fasilitas yang terdapat dan pemakaian waktu, serta duit dan pekerjaan usaha. Perlu dikenang meskipun kiat baik, sementara orang yang melaksanakannya tidak memahami atau tidak memiliki pengalaman maka hasilnya tidak bakal memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusia tersebut sendiri.
f. Market (Pasar)
Memasarkan produk tentu paling urgen sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses buatan barang bakal berhenti. Artinya, proses kerja tidak bakal berlangsung. Oleh karena itu, penguasaan pasar dalam makna menyebarkan hasil buatan adalahhal yang menilai dalam perusahaan. Agar pasar bisa dikuasai maka kualitas dan harga barang mesti cocok dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
0 Comments