ZILINGGO | Kuliah Komputer Di Depok ( Indonesian Technology / ITECH )


Lampung 
ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111Telp. (0725) 44430HP. 0853 57000 144WA. 0821 77066 400


Jawa Barat
  Nurul fikri & Indonesian technology,No., Jl. Setu Indah No.116, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 164512. Kampus Indonesian technology & Citra telematikaJl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, JatiwangiKab. MajalengkaTelp. (0233) 8281236HP. 085216667297email : info@citra-telematika.com


Jawa Tengah 
Kampus Elmuna & indoneisan technology JL Soka-Pertanahan, Km 6 No. 10, Klirong, Plumbon, Klegenwonosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54381 Cs telp dan WA 087737953747 /087837973541Telepon: (0287) 5505077


Kuliah Komputer Di Depok  ( Indonesian Technology / ITECH ), Membesarkan startup di Asia Tenggara memang mudah, tetapi membuatnya bertahan lama merupakan tantangan terberat. Namun, guna pemain baru e-commerce yang fokus menjual produk fesyen dan gaya hidup Zilingo, mereka siap menerjang badai persaingan.

Orang berpikir, setelah Shopee di bawah payung SEA Group membenamkan investasinya di Indonesia sebesar Rp 100 miliar, geliat e-commerce tanah air sudah mulai mereda. Negeri ini ibarat telah diblokade tidak tidak banyak pemain penjualan daring. Sebab, sampai saat ini, tak satu pun dari mereka yang berani menyebutkan ‘telah mendulang untung’.

Namun, nyatanya Zilingo yang mengawali roda bisnisnya di Thailand pada tahun 2015 sah masuk pasar tanah air. Saat itu, Ankiti Bose (CEO) dan Dhruv Kapoor (CTO) yang merupakan mantan analis dari Sequoia India dan McKinsey, mempunyai usulan untuk membawa penjual tradisional ke ranah online. Inspirasinya datang ketika mereka berkunjung ke Bangkok dan mengagumi beragam barang mode yang dijual di pasar jalanan.

“Saat bepergian melintasi Thailand, Indonesia, dan Filipina, saya menonton pasar rakyat di seluruh wilayah ini yang menjual semua jenis pakaian secara offline, dari t-shirt hingga gaun maxi, dari pakaian formal hingga sepatu kulit,” kata Bose.

“Itu membuat saya berpikir mengapa pedagang-pedagang ini tidak bisa berjualan online. Di situlah, usulan Zilingo tercetus,” tambahnya.

Saat ini, perusahaan telah bertransformasi menjadi platform yang melayani seluruh pedagang, pengecer dan pemilik merek guna memasarkan pelbagai produk fesyen di platformnya dengan skema B2C (business to consumer).

Apa diferensiasi Zilingo dengan rival lainnya? Perusahaan ini dalam masing-masing peluang menuliskan bahwa dengan teknologi Artificial Intelligence, pihaknya menggunakan algoritme sendiri untuk melacak dan memproyeksikan tren fesyen yang bergerak cepat dan sering kali berubah. Hal ini memberikan insight guna pengecer untuk menawarkan produk yang benar-benar selaras dengan permintaan pasar.

Di samping analisis tren, platform ini juga menawarkan layanan konten dan fotografi, sourcing produk, serta layanan pengaturan finansial khususnya guna pengecer atau merek-merek besar yang telah menjadi mitra khusus.

Dari suntikan dana Series B sebesar US$ 18 juta yang diperolehnya pada September tahun lalu, Zilingo memanfaatkannya tidak hanya untuk meningkatkan awareness merek. Melainkan, perusahaan ini juga mengembangkan platform lain dengan model B2B (business to business).

Perusahaan ini sedang mengumpulkan para pabrikan fesyen baik skala kecil, sedang, maupun besar untuk menjadi mitra mereka di dalam platform memiliki nama Zilingo Asia Mall (ZAM).

Idenya, beberapa besar merek fesyen global mengambil sumber pakaian dari seluruh supplier di Asia. Berbagai merek fesyen asal Amerika dan Eropa biasa mengerjakan pembelian pakaian jadi dalam jumlah besar sekitar lebih dari satu juta piece dengan harga US$ 1,5 per potong.

Nah, dari sana, Zilingo memanfaatkan jaringan rantai pasoknya yang mereka bangun dari bisnis konsumennya di Asia untuk dihubungkan dengan seluruh pebisnis fesyen di Amerika dan Eropa itu.

Zilingo di Indoneisa

Debut Zilingo di Indonesia dimulai pada April 2018, meksipun perusahaan memiliki nama PT Ziliun Indonesia ini sudah berkantor di ibukota sejak setahun lalu. Sampai saat ini, perusahaan telah memperkerjakan 60 karyawan internal dan masih mencari pegawai-pegawai baru.

Bisa dibilang, Zilingo masih mempunyai fulus dari putaran Seri B yang memberikannya sekarung modal untuk berinvestasi. Di samping sedang mendorong ekspansi internasionalnya, perusahaan juga berencana menambah lebih tidak tidak banyak layanan teknologi ke dalam ekosistem e-commerce sembari memperluas situs Zilingo.com ke pasar Asia Tenggara.

Di pasar ini, Filipina masih yang teratas dari sisi jumlah pemakai. Akan tetapi, perusahaan mulai mengalihkan perhatian ke Indonesia di mana baru-baru ini Zilingo menandatangani kerja sama dengan aktris Pevita Pearce. Debut kampanye iklan TV pertama mereka juga dikenalkan dengan slogan yang cukup nyeleneh: #SiapaSihLo.

Tidak seperti tidak sedikit sekali pemain e-commerce yang muncul dengan segambreng promosi dan bagi-bagi kupon potongan harga, Zilingo seakan “mengesampingkan” kiat lawas tersebut. Mereka justeru mencoba menawarkan pendekatan lain dengan menciptakan kampanye se-gaul mungkin dalam upaya mendongkrak akuisisi pelanggan baru.

“#SiapaSihLo merupakansebuah jargon yang memiliki pesan bahwa anak muda harus menunjukkan karakter dan jati diri mereka. Fesyen menjadi kiat mereka untuk menunjukkan identitasnya,” jelas Raisa Aurellia, Event Manager Zilingo Indonesia guna Marketeers.

Iklan sepanjang satu menit ini pertama kali mengudara di kanal YouTube pada Maret 2018 dan telah disaksikan oleh 520.000 orang. Iklan tersebut pun diputar di televisi, radio, dan tagarnya menghiasi sebanyak papan reklame ibu kota.

Menyambut festive Season dan Ramadan, Zilingo pun menciptakan aktivasi offline dengan membuat pop up store di dua lokasi, yaitu di Plaza Festival Kuningan dan Sarinah Jakarta.

Aktivasi ini bertujuan meningkatkan awareness merek ke target audiens yang disasar, yaitu kawula muda. Tak tanggung-tanggung, Zilingo menggandeng seratus Key Opinion Leaders (KOL) untuk menggaungkan event tersebut.

“Ini menjadi momen Ramadan pertama kami. Dan ini saatnya kami tampil menyampaikan pesan ke target audiens bahwa #SiapaSihLo memiliki makna yang humanis, yaitu menjadi insan yang real,” kata Raisa.